Tinggi Net Badminton dan Ukuran Lapangan Yang Benar 1,5 Atau 1,52?

Badminton adalah salah satu komponen olahraga yang sangat populer di seluruh dunia. Indonesia adalah salah satu aspek negara dengan atlet badminton terbaik. Bagi yang sedang mendalami olahraga ini, tentunya ada banyak aspek yang harus dipelajari. Salah satunya adalah tentang tinggi net badminton beserta aspek pendukung lainnya.


Melalui pemahaman tentang aspek pendukung tersebut, maka proses pemahaman mengenai olahraga ini juga bisa menyeluruh. Proses bermain juga akan lebih mudah dengan wawasan tambahan yang dimiliki. Untuk mengetahuinya, berikut semua penjabaran lengkap mengenai tinggi net dan berbagai aspek lainnya:

Tinggi Net pada Olahraga Badminton

Secara khusus, tinggi net dalam permainan badminton di Indonesia sudah mengikuti standar internasional yang berlaku. BWF sudah menetapkan bahwa tinggi net badminton yang harus dipakai adalah 1,5 meter. Sedangkan untuk bagian tengahnya, tinggi net akan memiliki sedikit perbedaan yaitu 1,52 meter.

Aturan ini tentunya sudah tidak bisa diubah atau diganggu gugat. Penetapan tinggi net ini tentunya sudah melalui proses panjang. Oleh sebab itu, seluruh permainan badminton di dunia ini harus mengikuti aturan net yang berlaku. Jika tidak diikuti, maka akan ada sanksi tersendiri yang akan diberikan.

Ukuran Lapangan Badminton

Setelah mengetahui tentang tinggi net pada permainan badminton, maka harus tahu juga tentang ukuran lapangannya. Dengan mengetahui ukuran lapangan ini, maka wawasan mengenai olahraga ini juga bisa bertambah. Untuk mengetahui aspek apa saja yang masuk dalam ukuran lapangan ini, maka simak detailnya di bawah ini:

     Lebar: 6,10 m

     Panjang: 13,4 m

     Tinggi bagian net: 1,5 m

     Tinggi golongan tiang net: 1,55 m

Semua aspek aturan di lapangan ini tentunya harus dipatuhi dalam setiap pertandingan badminton. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, aturan tersebut sudah mengacu pada aturan internasional yang berlaku. Jadi, di negara mana pun aturannya masih akan sama tanpa ada yang diubah sedikit pun.

Semua penjelasan mengenai tinggi net badminton dan segala aspek pendukung di atas tentunya harus dipahami dengan baik. Setelah semua dipahami, maka proses bermain juga bisa dilakukan dengan maksimal. Pemain yang memahami ukuran net juga bisa tahu jika ada net yang memiliki kesalahan ukuran.

No comments:

Post a Comment