Alat Pemukul Pada Permainan Tenis Meja Disebut Apa? Berikut Penjelasannya!

Tenis meja merupakan olahraga dengan peminat sangat banyak dan berasal dari berbagai kalangan. Berbeda dengan tenis biasa yang menggunakan lapangan besar, maka tenis meja memiliki medan permainan berupa sebidang meja. Selama permainan berlangsung, terdapat banyak komponen yang digunakan, salah satunya alat pemukul. Terkait hal ini, banyak orang belum tahu sebutan untuk alat pemukul tenis meja.


Bagi mereka yang belum familiar, wajar jika belum tahu sebutan alat pemukul bolanya. Padahal secara fungsional, alat pemukul ini wajib ada. Jika tidak ada, maka segala aspek permainan tidak akan bisa dilakukan. Untuk mengetahui apa sebutan yang tepat untuk alat pemukul tersebut, simak penjabarannya di bawah.

Apa Sebutan Alat Pemukul untuk Permainan Tenis Meja?

Secara khusus, alat pemukul yang dipakai dalam permainan tenis meja disebut bet. Bahan utama pembuatan bet ini adalah kayu. Namun, bagian daun pemukulnya diberi tambahan pelapis berupa karet berbintik. Tanpa adanya karet berbintik, maka penggunaan bet tidak akan bisa maksimal selama permainan.

Ketebalan daun pemukul pada bet tidak sampai 2 mm. Kemudian secara keseluruhan dengan tambahan karet berbintik, maka ketebalannya menjadi 4 mm. Semua bet memiliki ukuran sama. Hal ini tentunya sudah disesuaikan dengan segala ketentuan yang menjadi aturan dasar tenis meja dan harus dipatuhi.

Teknik Memegang Bet

Pada penerapannya, bet sebenarnya tidak bisa dipegang sembarangan. Ada teknik khusus yang bisa dipakai dalam proses memegang bet. Setidaknya ada dua teknik utama yang bisa difungsikan. Penasaran apa saja teknik yang bisa dipakai? Simak detail tekniknya dan definisinya di bawah ini secara mendetail dan baik:

     Pegangan jabat tangan (shakehand grip), adalah teknik memegang bet yang secara tidak langsung menyerupai proses menjabat tangan.

     Pegangan tangkai pena (penhold grip), adalah gerakan memegang bet menyerupai gerakan memegang pulpen.

Daftar penjelasan yang ada di atas tentunya sudah menjawab pertanyaan mengenai apa nama pemukulnya. Jadi, alat pemukul pada permainan tenis meja disebut bet dan berbahan dasar kayu. Aspek ini tentunya harus dipahami dengan baik apalagi jika ingin terjun dan bermain tenis meja secara mendalam.

No comments:

Post a Comment