Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Bahan Bangunan Untuk Membangun Rumah

Membuat hunian sendiri perlu menyediakan bahan bangunan untuk membangun rumah dengan harga yang tidak murah serta butuh waktu lama dalam membuatnya.

Anda harus memperhatikan material yang digunakan dalam membangun rumah, baik hunian baru atau akan di renovasi. Pastikan semua bahan berkualitas agar bisa tahan lama.

Material tersebut merupakan hal penting dalam konstruksi. Jenis bahan bangunan juga beragam, ada yang berasal dari bahan alami dan juga berasal dari pabrik. 

Berikut Bahan Bangunan Untuk Membangun Rumah

Memiliki rumah impian besar dan megah, tentu perlu bahan-bahan dalam pembangunan tersebut. Perlu diketahui apa saja daftar bahan dalam membuat rumah, berikut di antaranya:

1. Batu Pondasi yang Bagus

Secara langsung pondasi tidak akan terlihat pada saat bangunan sudah jadi, namun secara fungsi, keberadaan pondasi perlu diperhatikan. 

Jenis batu yang cocok sebagai bahan dalam membuat rumah adalah batu bulat. Batu ini memiliki kekuatan kokoh sehingga mampu menopang struktur bangunan. 

Batu ini memiliki karakteristik ukuran tidak besar, cukup keras, bersih, serta tidak lapuk. Terdapat dua jenis batu bulat yang sering digunakan pada pondasi yaitu batu kali dan batu gunung.

2. Semen 

Material semen sebagai perekat batu-bata sehingga bisa menjadi dinding yang kokoh. Semen ini juga bisa digunakan untuk merekatkan lantai keramik.

Suatu bangunan, semen atau pasir/ kerikil merupakan komponen perekat utama. Kedua bahan tersebut dicampurkan dengan takaran untuk membuat adonan siap pakai.

3. Pasir Bangunan yang Bagus

Pasir beton menjadi pasir sering digunakan untuk pengecoran membuat beton, pasir ini berwarna hitam, mudah pecah, dan bertebaran. Ada juga pasir madu dengan harga murah membuat pasir tersebut cocok untuk sebuah hunain.

Pasir cokelat belitung juga banyak digunakan karena tidak perlu diayak terlebih dahulu sebelum digunakan. Harga jenis ini juga tergolong terjangkau.

4. Baja untuk Bangunan

Struktur baja untuk bangunan seperti portal frame, penggunaannya sering dijumpai pada konstruksi dengan panjang bentang 20-40 meter. Sementara itu portal terus digunakan pada konstruksi yang memiliki panjang 40-70 meter.

5. Kayu untuk Bangunan Rumah

Terdapat beberapa jenis kayu bisa Anda gunakan sebagai bahan bangunan untuk membangun rumah, seperti kayu jati. Jenis kayu ini memiliki ketahanan yang kokoh dan kuat.

Ada juga kayu merbau dengan tekstur cukup keras dan stabil, kayu tersebut nyaris tidak memiliki kekurangan sehingga menjadi alternatif pengganti kayu jati.

6. Batu Kerikil Bangunan

Batu kerikil atau batu split jenis abu memiliki ukuran sangat kecil, yakni 0-5 mm saja. Jenis kerikil ini memiliki tekstur halus sehingga banyak dipakai sebagai material pengganti pasir.

7. Bata untuk Rumah

Salah satu jenis bata untuk membuat rumah adalah bata merah yang dibuat dari tanah liat kemudian dibakar. Bata ini tahan panas, tidak mudah retak, menahan rembesan air, dan lainnya.

8. Genteng Rumah

Genteng rumah jenis keramik akan terlihat mewah, genteng ini terbuat dari campuran tanah liat, cocok digunakan dengan beberapa lantai.  Ada juga genteng dari tanah liat digunakan pada hunian minimalis.

9. Keramik

Lantai menjadi bagian penting sebagai tempat melakukan aktivitas sesuai dengan fungsi tersebut. Berbagai macam jenis lantai, keramik menjadi pilihan bisa diterapkan pada lahan bangunan.

Selain tahan lama, bahan ini halus dan sulit tergores, butuh ketelitian serta ketelatenan dalam memasang lantai keramik ini. Karena kualitasnya, keramik menjadi bahan bangunan untuk membangun rumah paling diminati.