Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Hal yang Membuat Biaya Membangun Rumah Bengkak, Ini Solusinya!

Membangun hunian perlu mempersiapkan biaya membangun rumah dengan baik. Membuat rumah baru akan memungkinkan Anda mendapatkan yang sesuai dengan keinginan.

Membangun hunian baru memang rumit dan kompleks, bila dibandingkan membeli yang sudah jadi dari developer. Pastikan perencanaan anggaran dilakukan dengan matang agar tidak salah langkah.

Belum lagi harga bahan bangunan yang setiap tahun terus naik membuat orang berpikir dua kali. Tidak semua orang mempunyai finansial memadai untuk memulainya, sehingga perlu dipikirkan terlebih dahulu.

Hal-hal yang Membuat Biaya Membangun Rumah Bengkak

Perlu diketahui beberapa hal menyebabkan kebutuhan biaya membangun sebuah rumah menjadi bengkak. Sehingga harus menghemat anggaran sebelum memulainya.

1. Salah Perhitungan saat Melakukan Perencanaan

Kurang siap dalam perencanaan akan membuat Anda menebak-nebak berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan. Hal tersebut akhirnya membuat kesalahan perhitungan ketika mempersiapkan biaya.

2. Mengabaikan hal Kecil

Ketika membangun sebuah hunian, kebutuhan material seperti, batu, semen, dan lain-lain bisa cenderung didahulukan. Sementara, biaya lain sering dilupakan atau tidak masuk dalam hitungan seperti paku yang sering dilupakan.

3. Faktor Cuaca atau Musim

Ketika akan membuat rumah, tidak disarankan melakukan pada musim hujan. Sebab dipastikan biaya tenaga menjadi lebih banyak dan butuh waktu lebih lama dalam membuat semen kering.

4. Pemilihan Tukang tidak Sesuai

Menggunakan jasa tukang bangunan yang berpengalaman sangat membantu mewujudkan rumah impian Anda.  Tukang adalah faktor penting yang harus diperhatikan demi keberhasilan pembangunan.

5. Tidak Membandingkan Bahan Bangunan

Pada saat membeli bahan atau material untuk bangunan, tidak membandingkan harga dan kualitas bahan tersebut sehingga bisa memakan biaya dua kali.

Solusi Menghemat Biaya Pembangunan Rumah

Untuk menghemat biaya membangun rumah, bisa Anda lakukan strategi yang matang dan beberapa cara agar bisa memulai dengan dana yang terbatas.

1. Menentukan Konsep yang Jelas

Menentukan konsep ketika akan membangun rumah merupakan hal penting tidak boleh diabaikan. Konsep minimalis, vintage, atau lainnya harus Anda pahami dari awal, sehingga bisa menentukan dan memilih yang paling tepat.

2. Pilih Tukang yang Tepat

Jika konsep sudah ada, maka segera cari tukang bangunan yang sesuai dengan konsep diinginkan. Selain itu, mulailah mencari mandor untuk menangani pembangunan hingga selesai.

3. Melengkapi Semua Komponen Ruangan

Pastikan semua komponen setiap ruangan dibuat dengan baik, seperti ventilasi dan interior lain. Utamakan juga kebutuhan penting seperti toilet dan kamar mandi agar bisa digunakan dengan baik.

Hal yang sama juga dilakukan pada ruangan lain, misalnya pembuatan wastafel di ruang makan dan jika sudah terpenuhi bisa melengkapi kebutuhan lain.

4. Tentukan Skala Pembelian Perabotan

Utamakan membeli berbagai perabot yang penting lebih dahulu, seperti kursi, meja, lemari dan peralatan masak. Semua perabotan ini harus ada untuk kenyamanan di rumah baru, jika semua sudah terpenuhi Anda bisa membeli barang lainnya.

Membangun sebuah hunian merupakan keputusan besar, sehingga perlu mempersiapkan dengan matang. Selain pemilihan konsep, pengelolaan biaya membangun rumah tidak kalah penting.