Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Kesalahan Saat Pilih Konsep Rumah Minimalis, Rumah Jadi Amburadul!

Konsep rumah minimalis bukan berarti bangunan rumah yang dibangun dengan konsep sederhana dan harga murah. Namun pada dasarnya rumah minimalis hanya mementingkan fungsionalitas dan memasukkan komponen terpenting saja.

Tidak ada komponen ukiran bunga di pintu, style ruangan yang berlebihan dan sebagainya. Menghilangkan berbagai komponen mewah tersebut tidak lantas membuat rumah tidak ada variasinya. Justru rumah minimalis memberikan kesan on point.

Namun, terkadang ada beberapa kesalahan yang membuat tujuan utama konsep rumah model minimalis menjadi tidak terlaksana. Mulai dari konsep rumah modern, sederhana, industrial, hingga tropis.

Konsep Rumah Minimalis Modern

Konsep rumah seperti ini memiliki desain interior dan eksterior simpel dalam bentuk maupun fungsi. Tatanan komponen-komponen di dalamnya yang anti ribet dan mudah dimengerti. Pembangunan rumah yang minimalis tidak dengan mudah langsung dikerjakan tanpa memperhatikan beberapa aspek. 

Beberapa hal yang seringkali menjadi kesalahan dalam membangun rumah yang minimalis adalah konsep rumah terbuka, bentuk yang sederhana, pencahayaan, area penyimpanan yang cukup perlu menjadi perhatian. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan ketika Anda ingin mendesain rumah minimalis modern.

Dalam hal pengaturan letak penyimpanan yang cukup menjadi hal penting untuk dilakukan. Karena jika tidak diatur maka untuk melakukan penyimpanan barang dikhawatirkan tidak akan muat.

Konsep Rumah Minimalis Sederhana

Siapa yang tidak ingin memiliki rumah minimalis sederhana namun masih memiliki sisi mewah dan elegan? Semua orang pasti menginginkannya bukan? Rumah menjadi salah satu kebutuhan primer manusia. Semakin berkembangnya zaman konsep rumah minimalis terus mengalami penambahan variasi, mulai dari desain dan juga harganya.

Namun, ada perlu diketahui untuk menghindari beberapa kesalahan agar rumah idaman Anda tetap tampak elegan dengan konsep minimalis yaitu, kesan warna yang terlalu sederhana, dalam artian beri sedikit olesan warna cerah pada bangunan rumah Anda. Hindari juga warna monokrom hitam putih. Walaupun ini khas warna minimalis, tetap saja terlihat kurang bagus.

Konsep Rumah Minimalis Industrial

Pesona rumah industrial mampu menarik perhatian khalayak ramai. Tampilannya yang urban tetap menunjukkan segi minimalis yang modern. Tidak perlu mengeluarkan budget yang besar untuk Anda mampu membangun rumah industrial seperti ini. Biasanya ini akan mengasah kreativitas dan inovasi pemilik rumah.

Sudah banyak di luar sana yang menerapkan konsep rumah model minimalis industrial. Terlihat tampak luar seperti rumah yang dipenuhi barang rongsokan, namun interiornya begitu luar biasa.

Namun, perlu diperhatikan beberapa hal dalam membangun rumah minimalis industrial. Misalnya kenali dulu ciri-ciri dan khas interior seperti apa yang Anda inginkan. Apakah rumah dipenuhi dengan barang-barang plastik atau baja dan sejenisnya.

Hal ini untuk menghindari kesalahan konsep dalam pembangunan rumah. Gunakan konsep seminimalis mungkin tapi desainnya dengan memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Konsep Rumah Minimalis Tropis

Rumah dengan dipenuhi konsep rumput, daun-daun hijau menjadi rumah idaman bagi sebagian orang yang menyukai alam. Ketika bangun tidur dan membuka pintu rumah sudah disuguhi pemandangan daun-daun segar.

Namun, pernahkah Anda berpikir ada juga hal-hal yang harus dihindari agar rumah minimalis tropis tetap tampak indah? Berikut ini beberapa poin kesalahan yang dapat menambah pengetahuan Anda.

Pertama, terjadinya Efek rumah kaca. Hal ini terjadi karena kesalahan dalam mengaplikasikan penempatan kaca tanpa memperhatikan arah datang sinar matahari. Kedua, taman tanpa tanaman. Maksudnya dalam membuat sebuah tanaman sebaiknya berikan alas tanah itu menjadi tanaman hijau. Ini akan memberikan sensasi yang menyejukkan.

Yang terakhir mengenai ventilasi udara. Dalam membuat ventilasi hindari ventilasi yang saling berhadapan, karena akan menghambat sirkulasi udara masuk ke dalam ruangan. Dalam membangun rumah tentunya perlu diperhatikan dengan matang-matang. 

Sama halnya konsep rumah minimalis membutuhkan perhitungan dan perincian untuk menghasilkan bangunan yang nyaman dan aman.